NASIONAL

Polri Gelar Lomba Mural, Peserta Boleh Sampaikan Kritik Negatif

Kepolisian RI (Polri) akan menggelar festival lomba seni mural Piala Kapolri 2021.

Lomba itu bertema Peran Generasi Muda untuk Berkreasi dalam Menyampaikan Informasi yang Positif di Masa Pandemi Covid-19.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mempersilakan masyarakat untuk menyampaikan kritik atau masukan kepada Polri, baik positif maupun negatif.

“Lomba mural ini diselenggarakan dengan tujuan salah satunya adalah memberikan wadah kebebasan berekspresi bagi masyarakat,” ujar Listyo, dalam keterangan tertulis, Rabu (20/10/2021).

“Sehingga, para peserta lomba mural nanti boleh menghasilkan karya seni berupa kritikan ke Polri, baik itu positif maupun negatif, tidak ada masalah,” ucapnya.

Sigit menekankan, peserta lomba nantinya dipersilahkan untuk menuangkan segala bentuk ekspresi dan pandangannya terhadap institusi Korps Bhayangkara.

Listyo menekankan, Polri bukanlah lembaga anti-kritik. Menurut dia, jajarannya sangat menjunjung tinggi kebebasan berpendapat sebagaimana sistem demokrasi di Indonesia.

Eks Kabareskrim itu juga menyampaikan apresiasi kepada pihak yang telah menyampaikan kritik membangun kepada institusi Korps Bhayangkara.

Ia berpendapat, kritik tersebut justru menjadi bahan evaluasi agar Polri menjadi seperti yang diinginkan dan dicita-citakan masyarakat.

“Polri tidak akan pernah anti-kritik. Semua masukan yang sifatnya membangun akan kita tampung, untuk dijadikan bahan instrospeksi agar menjadi semakin baik ke depannya,” kata Listyo.

Ia menuturkan, konsep “Presisi” atau prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan telah digelorakan di internal Polri. Menurutnya, gagasan Presisi itu lahir dari semangat perubahan agar Polri menjadi lebih baik.

Namun, kata Listyo, dalam proses menuju lebih baik ada dinamika yang berkembang. Karena itu, segala kritik dan masukan akan dijadikan bahan evaluasi agar Polri jauh lebih profesional.

“Semangat awal mengusung konsep Presisi untuk mewujudkan Polisi yang tegas namun tetap humanis masih terus berjalan hingga saat ini,” kata Listyo.

Adapun, pendaftaran lomba telah dibuka pada 27 September hingga 17 Oktober 2021 di tingkat Polda dan 20 Oktober 2021 di tingkat Mabes Polri.

Nantinya, festival atau lomba seni mural Piala Kapolri 2021 bakal diselenggarakan pada 30 Oktober 2021 di Lapangan Bhayangkara.

Related Articles

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button