Jaga Negeri

Sejarah Singkat HUT Polwan 2023

Jakarta, Wartajaya.com – Hari Ulang Tahun (HUT) Polwan jatuh pada tanggal 1 September mendatang. Pada tahun ini, Polwan Indonesia akan memperingati hari jadinya yang ke-75.

Lantas bagaimana sejarah polwan di Indonesia dan cara memeriahkan hari jadinya tanggal 1 September?

Sejarah Polwan

Melansir laman resmi Museum Polri, pada 1948, pemerintah darurat Republik Indonesia tengah menghadapi Agresi Militer Belanda II di mana terjadi pengungsian pria, wanita, dan anak-anak.

Polisi yang bertugas mengaku mendapat kesulitan saat harus melakukan pemeriksaan korban, tersangka maupun saksi wanita dalam sebuah kasus, khususnya ketika menjalankan pemeriksaan fisik.

Oleh karena itu, organisasi wanita dan organisasi wanita di Bukittinggi berinisiatif mengusulkan kepada pemerintah supaya wanita diikutsertakan dalam pendidikan kepolisian sebagai upaya menangani kesulitan tersebut.

Lalu pada 1 September 1948, ada enam wanita pertama yang secara resmi dididik sebagai calon polwan. Keenam perempuan tersebut yaitu:

1. Mariana Saanin
2. Nelly Pauna
3. Rosmalina Loekman
4. Dahniar Sukotjo
5. Djasmainar
6. Rosnalia Taher

Sejak saat itu, tanggal 1 September diperingati sebagai hari lahirnya polisi wanita (Polwan).

Baca Juga : Polisi Akan Tilang Kendaraan yang Tak Lolos Uji Emisi

Yuk simak berita lainnya dan dapatkan informasi terupdate berita polpuler harian dari wartajaya.com. Untuk kerjasama lainnya bisa kontak email atau sosial media kami lainnya!

Related Articles

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button