Jaga Negeri

Rakor Asistensi Kesiapan Polda Papua Dalam Rangka PAM XX Tahun 2021

Papua, 86news.co  – Pada hari Rabu tanggal 11 Agustus 2021 bertempat di Ballrom Hotel Sunny garden Lake Sentani telah berlangsung kegiatan Rakor Asistensi terkait kesiapan Polda Papua dalam rangka pelaksanaan PAM PON XX dan Peparnas XVI 2021 di Papua yang dipimpin oleh As Ops Kapolri Irjen Pol Drs. Imam Sugianto M.Si.

Hadir dalam kegiatan Kakorlantas Polri Irjen Pol Drs. Istiono, Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri S.I.K., Dirgakum Korlantas Polri Brigjen Pol Drs. Kushariyanto, M.M, Danpas Pelopor Korbirmob Polri Brigjen Pol Drs. Imam Widodo M.HAN, Dirpamobvit Korsabhara Baharkam Polri Brigjen Pol Drs. Suhendri, Wakapolda Papua Brigjen Pol Dr. Eko Rudi Sudarto S.I.K., M.Si., dan Kasdam XVII Cenderawasih Brigjen TNI Bambang Trisnohadi.

Kapolda Papua dalam sambutannya mengatakan pelaksanaan PON XX Papua dan Peparnas XVI Papua tahun 2021 adalah penguatan jati diri bangsa yang terbentang dari sabang sampai Merauke, dari Asia sampai Pasific, dari Tanah Melayu sampai ke Kepulauan Melanesia. Ungkapnya.

Pelaksanaan PON dan Peparnas juga tidak terlepas dari upaya percepatan pembangunan kesejahteraan Tanah Papua serta semangat jiwa berolah raga yang melekat serta identik dengan Tanah Papua.

Keseriusan, perhatian, dan afirmasi Presiden RI Ir. H. Jokowi Widodo terhadap PON XX Papua dan Peparnas Papua sebagai suatu hal yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah PON. ini bukti komitmen pembangunan Indonesia-Sentris yang dicanangkan Presiden, dimana tanah Papua menjadi Prioritasnya.

Sebagaimana kita cermati bersama, bahwa masalah Papua terus menjadi bahan yang hangat untuk dibicarakan dan menjadi pusat isu domestik maupun global. Kompleksitas persoalan dan sumber konflik Papua ditandai dengan multi kepentingan yang cenderung saling berkolerasi.

Pada kesempatan kali ini, ijinkan saya untuk menyampaikan sekilas situasi Papua, secara umum situasi di wilayah hukum Polda Papua relatif kondusif khususnya di empat Cluster PON XX Papua tahun 2021, walaupun di wilayah lain masih terjadi beberapa kejadian menonjol seperti beberapa waktu lalu di Yalimo adanya aksi dampak penolakan hasil putusan Mk tanggal 29 Juni 2021.

Oleh karena itu, dalam upaya mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan lainnya, maka Polda Papua terus bersinergi dengan TNI dan Pemerintah Daerah dengan pendekatan kemanusiaan atau Soft Approach dan bertindak tegas dalam penegakan hukum serta berkolaborasi dengan para tokoh tokoh terkait.

Asops Kapolri Dalam kesempatannya menyampaikan rangkaian kegiatan penyelenggaraan PON XX tahun 2021 direncanakan akan dilaksanakan tanggal 20 September sampai dengan tanggal 16 Oktober tahun 2021 di empat Kota atau Kabupaten di Provinsi Papua yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke sedangkan untuk Peparnas tahun 2021 direncanakan akan diselenggarakan sebulan setelah penyelenggaraan PON XX atau pada tanggal 2 November 2021 sampai dengan tanggal 15 November 2021 dan dilaksanakan di dua daerah yaitu Kota dan Kabupaten Jayapura.

PON XX tahun 2021 akan mempertandingkan 37 Cabang Olahraga (Cabor), 56 disiplin, 681 nomor pertandingan atau perlombaan dan diikuti 6.496 orang atlet, 3.247 orang official, 9.904 panitia pertadningan dan memperebutkan 1.783 medali (681 medali emas, 681 medali perak dan 877 medali perunggu).

Cabang olahraga yang akan dipertandingkan tersebar di empat daerah yaitu Kota Jayapura 15 Cabor, Kabupaten Jayapura 14 Cabor, Kabupaten Mimika 9 Cabor dan Kabupaten Merauke 7 Cabor.

Peparnas XVI tahun 2021 akan mempertandingkan 12 cabang yaitu angkat berat, atletik, boccia, bulu tangkis, catur, judo, menembak, panahan, renang, sepakbola cp, tenis lapangan kursi roda, serta tenis meja yang akan diikuti oleh 2.725 atlet dan ofisial dari seluruh Provinsi di Indonesia dari 12 cabang olahraga yang akan dipertandingkan.

Berbagai persiapan tentunya sudah dilaksanakan guna mendukung penyelenggaran Pon XX dan Peparnas XVI tahun 2021, mulai dari pembangunan Venue, Infrastruktur penunjang, akomodasi, transportasi, dan lain sebagainya.

Pada hari ini kita melaksanakan Rakor untuk membahas dan berdiskusi terkait pengamanan yang akan dilaksanakan dan empat permasalahan-permasalahan yang dihadapi terkait dengan aspek keamanan maupun aspek sosial sekaligus mencari solusi serta saling memberikan masukan yang konstruktif sehingga seluruh rangkaian kegiatan PON XX dan Peparnas XVI tahun 2021 dapat terselenggara dengan aman, tertib dan lancar.

Editor : Anton

Related Articles

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button