Ekonomi

Tema ‘Basamo Mambolo Nagoghi’ Menggema, Ini Kata Bupati dan Ketua DPRD

Potret24.com, Bangkinang – Meski berlangsung sederhana, namun peringatan Hari Jadi Kabupaten Kampar ke-71 tahun 2021 cukup heboh. Ini tak terlepas dari tema HUT Kampar kali ini yakni “Basamo Mambolo Nagoghi” cukup menyita perhatian dan membuat publik dan netizen di Kampar heboh membahas tema tersebut dan tak jarang kritikan maupun apresiasi datang untuk Pemerintahan Kabupaten Kampar.

Di medsos masyarakat terlihat antusias membahas bagaimana Kabupaten Kampar saat ini, lengkap dengan saran, kritikan dan pujian kepada Pemkab Kampar.

Salah satu rangkaian penting Peringatan Hari Jadi Kampar ke-71 adalah digelarnya rapat paripurna istimewa DPRD Kabupaten Kampar di gedung DPRD Kabupaten Kampar, Sabtu (6/2/2020).

Rapat paripurna ini dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Kampar Muhammad Faisal. Ia didampingi Wakil Ketua DPRD Kampar Repol, H Fahmil dan Toni Hidayat.

Hadir dalam paripurna istimewa ini Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto, Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar H Yusri dan Forkopimda Kabupaten Kampar.

Paripurna ini tetap berjalan secara khidmat meskipun tidak semeriah tahun sebelumnya, dikarenakan tahun ini diperingati di tengah pandemi Covid-19.

Tamu undangan juga tidak ramai, hanya mengundang tokoh masyarakat, tokoh adat dan anggota DPRD, sedangkan tamu yang lainnya mengikuti secara virtual.

Dalam sambutannya Ketua DPRD Kabupaten Kampar Muhammad Faisal mengajak seluruh komponen masyarakat bersama-sama ikut berkontribusi membangun Kampar. Sebab menurut Faisal, Kampar harus maju dan bangkit, bersatu padu dalam kebersamaa dan keberagaman.

“Apa yang kurang kita benahi bersama, Insya Allah kita bisa lebih berinovasi dan menggali potensi-potensi daerah serta senantiasa melibatkan masyarakat umum yang ada di Kabupaten Kampar, jangan sampai kita menjadi penonton di negeri sendiri,” cakap Sekretaris DPC Partai Gerindra Kabupaten Kampar itu.

Berkaitan tema, HUT Kampar kali ini bertema “Basamo Mambolo Nagoghi” yang merupakan bahasa daerah Ocu Kampar jika diartikan dalam bahasa nasional “Bersama Memelihara Negeri”.

“Tema ini merupakan tekad kita bersama untuk segera mewujudkan Kabupaten Kampar yang maju di segala bidang. Kita menyadari pandemi Covid-19 telah memberi ujian kepada capaian kemajuan di segala lini,” sebut Ketua DPRD Muhammad Faisal dalam pidatonya.

Saat ini, lanjut Ketua DPRD, beberapa hal yang masih perlu dibenahi untuk mewujudkan Kabupaten Kampar yang sejahtera diantaranya adalah masih perlunya meningkatkan pelayanan kesehatan yang lebih merata bagi seluruh masyarakat Kabupaten Kampar.

“Kita masih perlu memperkuat sistem penanggulangan bencana yang terpadu dan terkoordinasi dan kita juga masih perlu menyempurnakan sistem jaminan sosial dan juga memperkuat regulasi untuk mencegah krisis ekonomi,” terang Faisal.

Ditambahkannya, bahwa dalam rentang sejarah 71 tahun para tokoh, pemimpin serta para pejuang Kabupaten Kampar telah berkarya silih berganti, setiap pemerintahan yang berbhakti di masanya telah bekerja keras dan bertekad membangun untuk kabupaten yang lebih baik.

“Harapan kita sekiranya pengabdian dan hasil karya para tokoh dan pejuang Kabupaten Kampar menjadi inspirasi dan kekuatan bagi kita sebagai generasi penerus untuk mewujudkan cita-cita luhur para pendiri Kabupaten Kampar,” pungkasnya.

Sementara Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto dalam membacakan pidatonya mengatakan, dalam memperingati hari jadi kabupaten Kampar yang dilakukan setahun sekali, mempunyai makna yang besar, yakni untuk mengenang sejarah.

“Sesuai dengan tema Basamo Mambolo Nagoghi, ini sangat relevan, karena Kabupaten Kampar adalah sebuah daerah yang terus berbenah dan bergerak maju,” ungkap Catur.

Lebih lanjut Bupati Catur mengatakan bahwa peringatan HUT Kabupaten Kampar semestinya bukanlah semata-mata peristiwa mengenang dan bergembira semata, namun peristiwa tersebut dijadikan sebagai momentum strategis untuk melakukan kilas balik terhadap pembangunan yang telah dilakukan.

Related Articles

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button