Kamtibmas

Jumlah Pengamanan Event WSBK dan Asian Cup Mandalika Bertambah, Kini 3.000 Personel

JAKARTA – Event internasional World Superbike Championship (WSBK) dan Asia Talent Cup di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) akan digelar dalam hitungan hari. Untuk pengamanan, personel gabungan TNI-Polri dikerahkan mencapai 3.000 personel.

“Setidaknya minimal tiga ribu personel, karena kita terus melakukan updating tentang manajemen pengamanan ini. Tapi personel gabungan TNI-Polri minimal tiga ribu,” kata Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) Irjen Mohammad Iqbal, Kamis (11/11/2021).

Hal itu disampaikan Iqbal saat mendampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyaksikan simulasi pengamanan WSBK dan Asia Talent Cup di Sirkuit Mandalika pada Rabu (10/11/2021). Penambahan personel dilakukan, demi memberikan rasa aman sekaligus upaya sebagai pencegahan dari gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Iqbal menyebut 3.000 personel gabungan TNI-Polri akan berjaga di ratusan area di NTB. Dia menjelaskan, aparat keamanan tersebar dari perbukitan hingga jalan-jalan terowongan di NTB.

“Tentang titik-titik tersebut dan floating-floating tersebut hampir ratusan kita lakukan, bahkan di perbukitan, di terowongan, dan lain-lain,” ujar Iqbal.

Selain pengamanan pola terbuka, Iqbal memastikan pengamanan pola tertutup sudah dipersiapkan dengan matang oleh Polda NTB dan Korem 162/Wira Bhakti. “Dan kita tidak bisa buka (strategi pengamanan) semuanya ke ranah publik,” sambung dia.

Iqbal menyebut pihaknya dan Korem 162/Wira Bhakti serta Pemprov NTB telah menyiapkan strategi pengamanan secara detail, komprehensif, sinkron, dan kolaboratif. Semisal screening berlapis bagi penonton yang akan hadir di Sirkuit Mandalika.

Related Articles

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button