NASIONAL

Viral pengemudi VW terobos dan tabrak polisi, ini respon Kabaharkam Polri

SuaraJogja.id – Seorang pengemudi VW kuning sempat menghebohkan warganet lantaran nekat tancap gas saat diperiksa para petugas di salah satu titik pos penyekatan Prambanan di perbatasan DIY dan Jawa Tengah.

Pengemudi yang diduga masih di bawah umur tersebut bahkan sempat menabrak seorang petugas polisi yang sedang bertugas melakukan pemeriksaan.

Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto angkat bicara terkait kejadian tersebut dalam kunjungannya ke pos penyekatan di Prambanan, Sleman.

Menurutnya sudah ada aturan lengkap terkait dengan cara bertindak oleh anggota kepolisian, terkhusus dalam melaksanakan tugas melakukan pengamanan di wilayah perbatasan. Kendati begitu aturan tersebut harus tetap disesuaikan dengan kondisi yang dialami.

“Seluruh aturan ketentuan cara bertindak sudah diatur dengan SOP tapi harus disesuaikan dengan situasi yang dialami,” ujar Arief saat ditemui awak media di Pos Penyekatan di Prambanan, Sleman, Senin (10/5/2021).

Arief menilai bahwa sudah seharusnya semua jajarannya mengantisipasi kejadian-kejadian yang tidak diduga semacam itu. Termasuk antisipasi terkait penerobosan yang bisa saja dilakukan masyarakat saat diperiksa petugas di perbatasan dalam masa larangan mudik kali ini.

Sehingga memang sangat perlu untuk meningkatkan kewaspadaan bagi para petugas yang sedang menjalankan tugasnya.

“Itu kan situasi yang seharusnya sudah diduga begitu akan terjadi penerobosan dan lain sebagainya. Oleh karena itu kewaspadaan seluruh personel dalam mengantisipasi kejadian serupa yang semacam ini harus tetap ditingkatkan,” ujarnya.

Selain dari sisi petugas, kata Arief, masyarakat juga terus diimbau untuk tetap mematuhi aturan yang sudah berlaku.

“Kepada masyarakat, siapapun dia tetap harus patuhi aturan yang ditetapkan,” tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, sopir VW kuning nekat tancap gas saat diperiksa para petugas di Prambanan, salah satu titik pos pengawasan perbatasan DIY selama larangan mudik Lebaran diberlakukan.

Saat para petugas tersebut masih menempel di luar mobil, pengemudi justru nekat tancap gas dan kabur hingga menabrak traffic cone dan seorang pria di dekatnya.

Tak lama kemudian, akun instagram @merapi_uncover mengunggah video kelanjutan dari peristiwa tersebut. Rupanya, petugas berhasil menangkap si pengemudi VW kuning tadi.

Related Articles

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button