Kamtibmas

Polri Ajak Masyarakat Ikut Berperan Aktif Awasi Kinerja Polisi

Jakarta – Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) mengajak seluruh lapisan masyarakat agar tidak ragu dan ikut serta berperan aktif mengawasi kinerja institusi kepolisian di lapangan.

“Kami mengajak semua masyarakat ikut mengawasi kinerja polisi agar ke depan Polri lebih profesional, transparan, dan akuntabel dalam memberikan layanan,” kata Kepala Divisi Propam Polri Irjen Ferdy Sambo usai mendatangi Komnas HAM di Jakarta, Selasa 19 Oktober 2021.

Khusus Propam Polri dan Komnas HAM, evaluasi terus dilakukan mengenai pengawasan internal yang telah berjalan karena Polri memiliki visi untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas pengawasan sehingga kepercayaan masyarakat dapat meningkat.

Untuk mewujudkan visi tersebut, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah meluncurkan beberapa program prioritas berupa strategi inovasi yang bisa diakses oleh seluruh masyarakat.

Artinya setiap masyarakat dapat mengadukan perilaku atau ketidakprofesionalan penyidik maupun beberapa pelanggaran yang ditemukan melalui aplikasi Dumas Presisi dan Propam Presisi.

Ferdy Sambo menjelaskan setiap pengaduan masyarakat yang diterima sudah memiliki mekanisme. Apabila itu terkait manajerial maka Inspektorat Pengawasan Umum (Itwasum) Polri akan langsung menangani.

Kemudian jika tersebut terkait perilaku dan kode etik anggota maka Divisi Propam Polri yang akan mengambil alih untuk penanganan lebih lanjut.

“Terakhir, jika itu menyangkut proses penyidikan maka akan ditangani di Biro Wassidik di Bareskrim Polri,” ujarnya.

Oleh karena itu, untuk menciptakan Polri yang presisi, Ferdy Sambo berharap masyarakat mau dan ikut serta membantu institusi bhayangkara dalam menjalankan tugasnya.

Sumber : Antaranews

Related Articles

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button