Kamtibmas

Polri Gelar Lomba Orasi, Hadiah Juara Pertama Rp 50 Juta

Jakarta  – Divisi Hubungan Masyarakat (Humas) Polri berencana menggelar lomba orasi unjuk rasa memperebutkan Piala Kapolri 2021, pada 10 Desember 2021. Kegiatan itu digelar dalam rangka momentum peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) se-dunia.

“Kegiatan ini memberikan wadah atau ruang bagi masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan ekspresinya, sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat cara menyampaikan aspirasi sesuai dengan aturan dan hukum yang berlaku,” ujar Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo, Rabu (24/11/2021).

Tema yang diusung bertajuk, “Memperingati Hari Hak Asasi Manusia”. Sementara, sub tema bersifat bebas, peserta boleh menyampaikan orasi dalam bentuk kritik atau masukan yang membangun. Menurut Dedi, kegiatan ini merupakan komitmen dari Polri menghargai aspirasi-aspirasi dari masyarakat yang merupakan hak asasi manusia.

Hal itu sebagaimana diatur dalam UUD 1945 Pasal 28 dan Undang-Undang (UU) Nomor 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum.

“Polri selalu menghormati dan menghargai hak asasi manusia dalam bentuk mengawal demokrasi dengan melindungi warga negara yang menyampaikan pendapat di muka umum,” ungkapnya.

Secara teknis lomba orasi itu nantinya akan melalui proses seleksi di tingkat polda dan disaring untuk masuk ke tingkat Mabes Polri. Seluruh unsur elemen masyarakat boleh ikut dalam kegiatan ini mulai dari mahasiswa, buruh, tani, dan elemen lainnya. Peserta lomba terdiri dari satu tim yang bisa berisikan 5 sampai 15 orang.

Pendaftaran lomba dimulai sejak tanggal 25 November 2021 sampai 30 November 2021. Setelah melewati proses penyaringan, juara satu di tingkat polda berhak tampil di tingkat pusat atau Mabes Polri.

Polri menyiapkan hadiah senilai Rp 50 juta untuk juara pertama, kemudian Rp 30 juta juara kedua dan Rp20 juta untuk juara ketiga.

Sumber: BeritaSatu.com

Related Articles

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button