Kamtibmas

Polri Gelar Festival Mural Wadah Berkreasi di Masa Pandemi

Jakarta – Polri akan menggelar festival atau lomba seni mural. Festival bertajuk, “Peran Generasi Muda untuk Berkreasi dalam Menyampaikan Informasi yang Positif di Masa Pandemi Covid-19” ini akan digelar di Lapangan Bhayangkara Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada 30 Oktober 2021 mendatang.

“Polri untuk pertama kalinya akan menyelenggarakan festival atau lomba mural dengan nama Bhayangkara Mural Festival Piala Kapolri 2021,” ujar Kadiv Humas Polri Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono kepada wartawan, di Jakarta, Senin (18/10/2021).

Dikatakan Argo, pendaftaran lomba mural itu telah dibuka sejak 27 September hingga 17 Oktober di tingkat kepolisian daerah. Sementara, di Mabes Polri pendaftaran dibuka hingga 20 Oktober 2021.

Dijelaskan, kegiatan ini bertujuan sebagai wadah bagi masyarakat luas untuk berkarya dan berkreasi pada masa pandemi. Selain itu, kegiatan ini diharapkan mengobarkan semangat kemerdekaan, nasionalisme, dan optimisme di masa pandemi dengan melakukan kegiatan positif.

“Menjadi wadah kebebasan berekspresi dan untuk menyalurkan ide melalui karya seni mural, serta aspirasi dari masyarakat dalam menghadapi permasalahan masyarakat dalam berbagai sektor. Menjadi ajang apresiasi untuk para seniman mural di Indonesia untuk tetap berkarya pada masa pandemi,” ungkapnya.

Tahapan pertama kurasi festival mural ini dilaksanakan pada tanggal 18 hingga 20 Oktober 2021, untuk menentukan lima peserta terbaik di setiap kepolisian daerah. Kemudian, salah satu peserta terpilih akan ikut berpartisipasi di tingkat nasional yang digelar di Mabes Polri. Sementara, kurasi tahap pertama di Mabes Polri dan Jabodetabek akan dilaksanakan pada 22 hingga 23 Oktober 2021. Bagi peserta yang tidak terpilih masih memiliki kesempatan untuk berpartisipasi di Festival Mural di kepolisian daerah masing-masing sesuai domisili.

Selanjutnya, sebanyak 70 peserta yang terpilih mewakili setiap provinsi dan Jabodetabek akan menggambar langsung secara serentak di tingkat nasional pada tanggal 30 Oktober 2021. Acara akan dibuka secara resmi oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Argo menyebutkan, sub-tema yang menjadi panduan bagi para peserta untuk berkarya adalah peduli sesama di masa pandemi Covid-19, bersama menjalankan protokol kesehatan, Indonesia sehat dan kuat, bebas dari Covid-19, dan bersama menjaga Indonesia.

Bagi masyarakat yang akan mendaftar sebagai peserta wajib memenuhi beberapa persyaratan yaitu, memiliki karya yang sesuai dengan sub-tema, mengirimkan konsep mural dalam format PDF serta dimuat dalam satu ukuran maksimal 2500 pixel, rasio media adalah 2.44m x 3.66m, karya harus orisinal, dan belum pernah dipublikasikan.

Bagi pendaftar kelompok mencantumkan nama ketua dan anggota, dan mengumpulkan sebelum batas waktu yang ditentukan pada website www.tribratanews.polri.go.id. Pemenang dari perlombaan tersebut akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 30 juta untuk juara 1, Rp 15 juta juara 2, dan Rp 10 juta bagi juara 3, serta masing-masing Rp 5 juta untuk tujuh peserta favorit.

Sumber: Beritasatu.com

Related Articles

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button