Kamtibmas

Polda Maluku Gelar Lomba Bhayangkara Mural Festival 2021

MALUKU – Kepolisian Daerah Maluku akan menggelar lomba Bhayangkara Mural Festival 2021, merebut piala Kapolri, dan juga Kapolda Maluku.

Lomba gambar kreatifitas di dinding ini akan diselenggarakan secara serentak di seluruh Polda di Indonesia sejak 30 Oktober – 1 November 2021 mendatang.

Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol. Drs. M. Rum Ohoirat, mengungkapkan, lomba Bhayangkara Mural Festival 2021 bertujuan memberikan ruang kepada para seniman mural untuk berkreasi.

“Kegiatan ini untuk memberikan inspirasi semangat pergerakan para seniman dalam menyampaikan pesan positif melalui media mural,” kata Rum di ruang kerjanya, Senin (4/10/2021).

Perlombaan yang dilakukan tersebut juga untuk mempertemukan dan membina berbagai komunitas pegiat mural ke dalam budaya mural Indonesia.

“Kami Polri membuka ruang kepada para seniman mural sehingga mereka dapat mempresentasikan karya-karyanya ke tempat atau lokasi yang tepat,” terangnya.

Rum mengaku tema yang akan dilombakan dalam Bhayangkara Mural Festival 2021 yaitu “Peran generasi muda untuk berkreasi dalam penyampaian informasi yang Positif di masa pandemi covid-19”.

“Untuk sub temanya ada 5. Yaitu Peduli sesama di masa pandemi covid-19, Bersama menjalankan protokol kesehatan, Indonesia sehat dan kuat, Bebas dari covid-19, dan Bersama menjaga Indonesia,” terangnya.

Adapun calon peserta yang mendaftar wajib menyertakan konsep desain mural, dengan persyaratan sebagai berikut :

  1. Karya yang dikirim sesuai dengan subtema yang telah ditentukan.
  2. Konsep mural dalam format PDF dalam satuan ukuran pixel, maksimal 2.500 pixel.
  3. Rasio media 2.44m x 3.66m.
  4. Karya orisinal dan belum pernah dipublikasikan dalam kegiatan lain.
  5. Kategori kelompok (Maksimal 2 orang) mencantumkan nama ketua dan satu anggota.
  6. Memberikan deskripsi dari konsep mural yang komprehensif dengan mencantumkan file word yang menjelaskan konsep karya yang peserta buat.
  7. Pengumpulan karya sebelum tenggat waktu tanggal 17 Oktober 2021.
  8. Keputusan panitia bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  9. Karya yang sudah diikutsertakan ke panitia menjadi hak milik penyelenggara.

“Nanti dari gambar sketsa yang masuk, kami akan pilih 5 sketsa terbaik untuk dikirim ke Mabes Polri. Setelah itu dari Mabes Polri akan memilih 1 sketsa terbaik yang akan mewakili Polda Maluku. Sementara sketsa-sketsa yang lain akan berlomba di lokasi yang sudah disiapkan,” terangnya.

Juru bicara Polda Maluku ini mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam lomba Bhayangkara Mural Festival 2021.

Perlombaan ini akan dibuka langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si secara virtual. Sementara di Maluku, akan dibuka oleh Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Refdi Andri, M.Si.

“Hadiahnya menarik, nanti untuk yang mewakili Polda Maluku di Mabes Polri semua akomodasi tiket pulang pergi hingga penginapan akan ditanggung,” tandasnya.

Sumber : DIv Humas

Related Articles

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button