NASIONAL

Sistem Penyekatan Mudik Efektif Kurangi Lalulintas Keluar-Masuk DKI

KORLANTAS POLRI – Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Fadil Imran mengatakan 1 juta orang melakukan perjalan keluar dan masuk Jabodetabek sebelum larangan mudik diberlakukan. Larangan mudik itu berlaku 6-17 Mei 2021.

“Jumlah kendaraan yang keluar-masuk di gerbang Tol Cikupa dan Cikarang Barat itu sekitar 700 ribu. Kemudian data penumpang melalui kereta api dan udara sekitar 300 ribu,” kata Fadil di Balai Kota, Jumat, 14 Mei 2021.

Selain masyarakat yang mudik menggunakan kendaraan roda empat, kereta api dan pesawat, banyak pemudik yang menggunakan sepeda motor. Para pemudik sepeda motor disebut melintas dari wilayah Kedungwaringin menuju ke arah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Ada sekitar 100-200 ribu masyarakat yang tetap nekat untuk pulang kampung,” kata Fadil.

Meski ada sekitar satu juta orang sudah mudik sebelum pemberlakuan pelarangan, Kapolda Metro Jaya mengklaim penyekatan mudik 2021 efektif mengurangi arus keluar-masuk DKI Jakarta sebesar 50 persen.

Data keluar masuk Jakarta itu, kata Kapolda Metro Jaya menjadi dasar Forum Koordinasi Pimpinan Daerah atau Forkopimda DKI Jakarta menggelar rapat untuk mengantisipasi lonjakan Covid-19 usai libur Lebaran di Balai Kota DKI pada hari ini.

Related Articles

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button